Thailand Jadi Tuan Rumah Korat Expo 2029

blog image

TAT, Jakarta - Thailand baru saja terpilih sebagai tuan rumah International Horticultural Expo 'Korat Expo 2029', yang akan berlangsung dari 10 November 2029 hingga 28 Februari 2030 di Nakhon Ratchasima. Dalam rangkaian acara yang sama, Udon Thani International Horticultural Expo 2026 akan diselenggarakan dari 1 November 2026 hingga 14 Maret 2027.

Tema yang diusung adalah 'Nature and Greenery: Envisioning the Green Future', yang bertujuan untuk menyoroti keajaiban alam, keragaman budaya, dan keahlian Thailand dalam menerapkan teknologi hortikultura dan pertanian berkelanjutan.

Terpilihnya Thailand sebagai tuan rumah Korat Expo 2029 diumumkan pada pertemuan International Association of Horticultural Producers (AIPH) dalam Spring Meeting 2024 di Doha, Qatar, pada 6 Maret 2024. Selanjutnya, Thailand akan mengajukan permohonan kepada Bureau International des Expositions (BIE) untuk pertimbangan dan persetujuan menjadi tuan rumah dengan sertifikat lisensi tingkat A1. Hal ini diharapkan dapat menarik sebanyak 2,6-4 juta pengunjung.

Sebelumnya, Thailand pernah menjadi tuan rumah pameran hortikultura di Chiang Mai dan berhasil meraih medali emas atas pencapaian luar biasa. Pameran ini merupakan pameran global pertama yang diselenggarakan di wilayah utara Thailand.