Rasakan Budaya dan Tradisi Lokal Thailand di Aquatic Phansa Festival

blog image

TAT, Jakarta - Dalam rangka perayaan Khao Phansa, pada 13 Juli 2022, diselenggarakan 'Aquatic Phansa Festival' di Khlong Lat Chado yang terletak di Ayutthaya. Ini menandakan awal musim hujan ketika para biksu melakukan retret di kuil selama tiga bulan untuk belajar dan bermeditasi. Tahun ini, masa Prapaskah Buddhis dimulai pada hari Kamis (14 Juli) dan berakhir pada hari Senin (10 Oktober).

'Aquatic Phansa Festival' yang diselenggarakan untuk menandai peristiwa yang spesial dan spiritual tersebut, dimulai pukul 09.00 pagi di sepanjang Khlong Lat Chado dengan lilin yang diangkut oleh perahu lokal dan dihiasi dengan bunga. Acara ini merupakan kesempatan untuk para wisatawan melihat cara hidup lokal di sepanjang jalur air dan pedesaan Thailand yang indah. Juga akan ada pameran foto tentang gaya hidup masyarakat Lat Chado, serta makanan lokal yang lezat dan produk pasar retro yang dijual di Lat Chado Market.

Di tengah festival tahunan populer yang dirayakan di berbagai lokasi di seluruh Thailand ini, terdapat lilin berukir yang diarak dalam prosesi warna-warni dalam perjalanan ke kuil. Secara tradisional, lilin disumbangkan ke kuil, sehingga para biksu dapat melanjutkan belajar mereka hingga malam hari. Lilin-lilin yang mengiringi prosesi mereka dengan perpaduan yang semarak antara tarian lokal, musik, dan perayaan lainnya adalah pemandangan yang populer untuk ditonton oleh turis dan penduduk lokal.

Prosesi lilin lainnya yang diadakan di sekitar Thailand untuk Khao Phansa termasuk di Isan, Chiang Mai, dan Nakhon Ratchasima.