Phu Kradueng, Nam Nao dan Phu Khiao Masuk ke Daftar Taman Warisan ASEAN

blog image

TAT, Jakarta - Tiga suaka margasatwa di Thailand dideklarasikan sebagai taman warisan ASEAN (ASEAN Heritage Parks) pada pertemuan lingkungan hidup ASEAN di Bogor, Indonesia pada 1 Agustus 2023. Ketiganya meliputi Phu Khiao Wildlife Sanctuary (Chaiyaphum), Nam Nao National Park (Phetchabun), dan Phu Kradueng National Park (Loei).

Deklarasi ini menambah jumlah taman warisan ASEAN di Thailand menjadi sembilan. Sebelumnya yang telah masuk ke dalam daftar adalah Khao Yai, taman nasional Tarutao dan Surin Islands, Similan Island, Phang-nga bay, kompels hutan Kaeng Krachan meliputi Kaeng Krachan National Park, Kui Buri National Park dan Phachi River Wildlife Sanctuary, Hat Chao Mai National Park, Libong Island dan Ang Thong Island serta taman nasional Khao Sok.

Sebagian besar suaka margasatwa di Phu Khiao dan Nam Nao National Park adalah hutan, yang kaya akan keanekaragaman hayati dan rumah bagi banyak spesies tumbuhan dan satwa liar langka, seperti kucing marble. Begitu juga Phu Kradueng National Park, di dalamnya banyak terdapat mawar merah dan putih, serow, penyu kuning, lutung, hingga owa berwarna putih.


Sumber: thaipbsworld