Pernyataan Resmi dari Kementerian Pariwisata dan Olahraga Terkait Virus Corona

blog image

Bangkok, 06 Februari 2020 

Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand telah bekerjasama dengan kantor-kantor pemerintah dan swasta (seperti Kementerian Kesehatan, rumah sakit, klinik dan fasilitas kesehatan lainnya, penggiat usaha di bidang pariwisata dan olahraga, agen perjalanan, serta pemandu wisata untuk menyebarkan pedoman yang tepat dalam memantau dan mengawasi penyebaran 2019-nCoV. 

Untuk menindaklanjuti informasi terkini dan melakukan tindakan yang dibutuhkan dalam situasi ini, saat ini aktivitas Social Listening telah diaktifkan. Melalui Social Listening, diharapkan Thailand mendapat informasi yang akurat dan terkini dari berbagai pihak, seperti kantor Tourism Authority of Thailand (TAT) baik domesti dan international, serta sumber terpercaya lainnya seperti Kementerian Kesehatan, Pihak Imigrasi, serta World Health Organisation (WHO). Informasi yang diperoleh nantinya akan diteruskan ke unit terkait, baik di dalam ataupun di luar Kementerian.

Berita dari divisi Humas terus berjalan dan diperbaharui dalam Bahasa Thailand dan Inggris untuk tetap memberikan informasi seputar kesehatan dan untuk memastikan keselamatan wisawatan lokal ataupun internasional. Semua saluran media digunakan untuk memberitakan situasi terkini, termasuk press release, pemberitahuan, infografik, dan lain sebagainya.

Berbagai saran dikeluarkan untuk memperkenalkan gaya hidup sehat dan olahraga yang teratur sebagai langkah-langkah preventif dan membangun daya tahan tubuh agar terhindar dari infeksi 2019-nCoV.

The Tourist Assistance Centre (TAC) dan Tourist Police Command berkoordinasi dengan Department of Disease Control (DDC) dan pihak imigrasi untuk membantu wisatawan yang membutuhkan bantuan dalam melaporkan kasus terkait dengan Virus Corona.

Terdapat pelayanan 24 jam untuk melaporkan kasus terduga virus 2019-nCoV melalui Tourist Police di hotline 1155. Seluruh provinsi, dibawah instruksi masing-masing kepala daerah, telah diinstruksikan untuk menjalankan Emergency Operation Centre (EOC) untuk mengurus segala kasus darurat secara cepat, tanggap, dan efisien. TAC akan memberikan laporan harian kepada Kementerian Pariwisata dan Olahraga.

Para penggerak di industri pariwisata telah disarankan untuk menyediakan servis yang ramah, bersih, dan sehat. Serta untuk menyarankan kepada para wisatawan untuk senantiasa menggunakan masker sebagai perlindungan. Sebisa mungkin, pembersih tangan berbahan gel atau alcohol diletakkan di area publik, seperti bandar udara, terminal bus, dan berbagai atraksi wisata.