Pernyataan dari Badan Pariwisata Thailand Terkait Virus Corona di Thailand

blog image

Kamis, 30 Januari 2020

The World Health Organization (WHO) menyatakan virus corona di Republik Rakyat Cina yang sudah menyebar ke negara-negara lain telah menjadi Public Health Emergency of International Concern (PHEIC).

Terkait Virus Corona di Thailand, pada tanggal 31 Januari 2020 lalu, Kementrian Kesehatan mengkonfirmasi bahwa sudah ada 5 kasus baru dengan total 19 kasus virus corona. Tujuh pasien sudah di pulangkan ke rumah dan sisanya masih menjalani pengobatan di rumah sakit.

Menurut Department of Disease Control (DDC), Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa dengan adanya kasus-kasus yang teridentifikasi di Thailand, menunjukkan adanya implementasi pengawasan penyakit yang efektif. Pengawasan ini dianggap fleksibel dan siap untuk diimplementasikan secepatnya sesuai dengan situasi terkini agar dapat mendeteksi jika ada kasus-kasus berikutnya, serta untuk mengendalikan adanya penularan penyakit yang mungkin terjadi.

Sebagai tambahan, DDC dan para ahli menilai bahwa bahwa peluang Thailand untuk terinfeksi 2019-nCov terbilang rendah. Meskipun demikian, Thailand tidak akan menurunkan tingkat kesiagaan. Pengawasan yang ketat terus dilanjutkan dan public juga di rekomendasikan untuk senantiasa menjaga diri dari wabah dengan cara menghindari tempat ramai, dan juga menghindari kontak langsung dengan orang yang batuk dan bersin. Mereka harus membawa masker ketika keluar rumah dan sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air atau alcohol gel. Siapapun yang memiliki gejala seperti batuk, bersin, sakit tenggorokan dan hidung tersumbat, jangan lupa untuk memakai masker dan mencari bantuan medis di rumah sakit terdekat atau kontak hotline DDC 1422.

Badan Pariwisata Thailand menekankan bahwa industri pariwisata Thailand akan melakukan segala cara untuk mencegah, dan mengawasi semua wisatawan di Thailand agar terlindungi dari virus. Hal ini merupakan kebijakan dari industri pariwisata Thailand untuk selalui mengedepankan dan mempertahankan kualitas pelayanan.

Pada saat ini, acara dan festival Thailand yang berlangsung pada periode saat ini hingga Maret 2020 akan berjalan seperti biasa. Transportasi umum, objek wisata, atraksi pariwisata dan pusat pembelajaan dibuka seperti biasa.

Badan Pariwisata Thailand mengingatkan untuk menjalankan kebiasaan yang higienis dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah virus, terutama ketika berada di luar ruangan dan sedang berjalan-jalan di tempat-tempat wisata.

Kantor-kantor Badan Pariwisata Thailand di seluruh dunia siap membantu dan siap menjadi pusat koordinasi untuk menyediakan informasi terkini mengenai situasi 2019-nCov di Thailand.

Mr. Yuthasak Supasorn
Gubernur Tourism Authority of Thailand