Mengenal Bahan Makanan Khas Thailand yang Lezat dan Berkhasiat!

blog image

Bagi kamu yang pernah mencicipi makanan khas Thailand, pasti kangen dengan kesegaran dan kelezatannya. Dari manisnya Mango Sticky Rice hingga pedasnya Tom Yum, semua makanan Thailand meninggalkan kesan di lidah maupun hati. Yuk, kita bahas beberapa bahan makanan yang sering digunakan untuk masak kuliner khas Thailand;  siapa tahu kamu jadi tertarik bikin sendiri!

Bahan Sehari-Hari yang Memberi Nilai Lebih

Pad Thai adalah salah satu hidangan favorit negeri yang sering diberi julukan “Negeri Seribu Pagoda” ini. Hidangan ini pada dasarnya cukup mudah dibuat; setelah merebus bihun, satu per satu semua bahan dimasukkan dalam panci dan dimasak bersama agar aromanya menyatu, mulai dari udang kering, tauge, tahu kuning, telur, dan lainnya. Namun, hal yang membuat hidangan ini spesial adalah siraman saosnya yang penuh cita rasa bawang merah, bawang putih, dan cabai kering.

Sama halnya dengan Pad Thai, hidangan Pad Ka-Prao Kai juga memiliki proses masak yang cukup mudah, yaitu dengan perlahan-lahan menyatukan semua bahan dalam panci. Kedua resep ini menggunakan bawang putih, yang selain menambahkan cita rasa pada masakan, juga memiliki manfaat bagi kesehatan seperti menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Gang Keo Kwan, kare hijau khas Thailand, memiliki keunikan rasa yang disumbangkan oleh daun Basil manis dan daun Jeruk Purut yang keduanya bisa ditemukan dalam banyak resep masakan Thailand. Buah Jeruk Purut pun memiliki khasiat mengurangi gas dalam tubuh dan juga kepeningan kepala.

Bahan lain yang sering ditemukan di berbagai hidangan adalah serai. Walau terasa ringan di lidah, manfaatnya luar biasa hebat. Selain bagus untuk pencernaan, serai membantu mengobati demam dan sakit perut, serta menjaga kesehatan saluran kemih.  

Agak Pedas Namun Tetap Sedap!

Lalu bagaimana dengan bumbu masakan Thailand yang terkenal pedas? Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat para pecinta kuliner melek penuh antusiasme menghabiskan hidangan mereka? Salah satunya adalah cabai kering, yang fungsinya memang untuk menambah selera makan dan juga mengatasi gangguan pencernaan. 

Adapun lengkuas yang memberi sensasi hangat saat menikmati makanan berkuah. Manfaat lengkuas adalah ia dapat mengurangi kembung dalam perut dan menghilangkan dahak. Bahan ini menjadi jagoan masakan Tom Yam Kung yang super sedap!

Ragam Rempah Penuh Rasa

Banyak menggunakan berbagai macam dengan rempah, bisa dibilang tidak ada hidangan Thailand yang sama rasanya. Salah satu bahan bintang masakan Thailand adalah Bunga Lawang yang digunakan sebagai penambah rasa kuah dalam hidangan Khao Kha Moo. Rempah ini membantu mengurangi gas dan dahak, juga sebagai pencahar alami. 

Sentuhan pala dalam masakan Thailand menambahkan kehangatan dan juga sedikit rasa manis yang menggoda. Sebagai salah satu rempah favorit, pala seringkali dianggap sebagai obat herbal yang berkhasiat bagi kesehatan perut dan usus karena mampu menghilangkan berbagai penyakit.

Merica hijau juga banyak ditemukan dalam berbagai hidangan, dan ternyata manfaatnya cukup menakjubkan. Selain sebagai penambah rasa, ia bisa meredakan sakit kepala dan nyeri rematik.

Hidangan khas Thailand memang tidak rumit dalam hal bahan-bahan, namun butuh keahlian tersendiri untuk bisa menciptakan cita rasa yang tepat dan seimbang. Setiap masakan memiliki keunikan tersendiri dalam hal aroma dan rasa… sudah siap menikmati semuanya?