Masuk Bulan September, Ada Festival Apa Saja di Thailand?

blog image

TAT, Jakarta - Thailand tidak pernah sepi dari berbagai festival dan perayaan untuk menyambut para wisatawan yang datang berkunjung. Di bulan September, ada banyak festival yang bisa Anda kunjungi bersama teman dan keluarga.

Berikut festival yang hadir di Thailand selama September:

Cross-Region Travel Fair
1-3 September 2023
Central Hatyai, Songkhla

Seri terakhir dari bazar pariwisata (Travel Fairs) yang telah berlangsung di lima wilayah Thailand selama Juni sampai September 2023. Pada festival ini, ada banyak promosi dan penawaran spesial untuk Anda mulai dari akomodasi, destinasi wisata, tur, lokakarya DIY, serta produk dan layanan pariwisata lainnya di seluruh Thailand.

Khao Yai Clay Craft Creation
1-3 September 2023
Primo Piazza Khao Yai, Nakhon Ratchasima

Acara yang berlangsung selama tiga hari ini menghadirkan produk tembikar dan keramik, seni pertunjukan tanah liat, dan lokakarya tembikar. Anda juga bisa mencoba makanan yang dibuat khusus oleh koki kelas dunia di piring tembikar yang dibuat khusus. Bahkan ada konser musik dan karnaval pesta tanah liat, hingga caravan tanah liat untuk Anda menikmati keindahan alam Taman Nasional Khao Yai dan Taman Geo Global UNESCO Khorat.

Bangkok Gems & Jewellery Fair 2023
6-10 September 2023
Queen Sirikit National Convention Centre, Bangkok

Tahun ini menandai peringatan 40 tahun 'Bangkok Gems and Jewellery Fair', pameran perdagangan tahunan paling lama dirayakan di Asia. Di acara ini Anda akan menemukan berbagai batu permata mentah hingga barang perhiasan jadi, termasuk batu permata, batu lepas, perhiasan halus, perhiasan perak, perhiasan emas, perhiasan platinum, mutiara, perhiasan kostum, peralatan manufaktur, hingga pengemasan.

Phanom Rung Light Phenomenon (Sunrise)
8-10 September 2023
Phanom Rung Historical Park, Buri Ram

Tahun ini ketiga kalinya acara diselenggarakan. Anda dapat melihat sinar matahari melalui 15 pintu Prasat Hin Phanom Rung. Fenomena cahaya terjadi empat kali dalam setahun, yakni matahari terbenam (5-7 Maret dan 5-7 Oktober) dan matahari terbit (3-5 April dan 8-10 September). Prasat Hin Phanom Rung terletak di puncak gunung berapi yang sudah punah, 60 kilometer selatan kota Buri Ram. Ini adalah situs Khmer terbesar dan terbaik yang dipugar di Thailand dan menawarkan pemandangan sawah di sekitarnya yang indah.

Chiang Mai 22K 2023 @Doi Suthep
10 September 2023
Chiang Mai Zoo

Jika Anda menyukai olahraga lagi dan akan mengunjungi Chiang Mai pada September ini, bergabunglah ke acara ini. Ada berbagai kategori yang bisa Anda ikuti, yaitu half marathon 22 km, mini marathon 10 km, dan fun run 5 km.

Thai-Japan Iconic Music Fest 2023
22-24 September 2023
ICONSIAM, Bangkok

Festival musik tahunan ini mempromosikan budaya pop Thailand dan Jepang. Acara tahun ini juga menandai peringatan 50 tahun persahabatan ASEAN-Jepang dan akan menampilkan penampilan lebih dari 50 band terkenal dari Thailand dan Jepang, yaitu Banzai Japan, Beyooooonds, Chicken Blow The Idol, FES✩TIVE, dan Kyushu Girls Wing dari Jepang dan Euphonie , Fuyubi, HatoBito, Ikinari Tell Me, Stellagrima, dan TerasuDanshi dari Thailand. Acara akan berlangsung pukul 14.00-22.00 selama tiga hari.

Sakhon Nakhon Tao Ngoi Worship Tradition 2023
23-29 September 2023
Pung River Park, Tao Ngoi District

Acara tahunan dan pertunjukan tari untuk memuja Phaya Tao Ngoi (raja penyu)-simbol distrik Tao Ngoi di provinsi Sakon Nakhon di Thailand Timur Laut. Tradisi ini diadakan bersamaan dengan prosesi perahu panjang dan balap perahu panjang yang diterangi cahaya, serta berbagai bentuk hiburan dan pameran konsumen lainnya.

Kalasin Long-boat Racing Festival 2023
21-25 September 2023
Pao River, Kamalasai District

Nikmati lomba perahu panjang selama lima hari, pertunjukan rakyat, prosesi perahu panjang, dan kompetisi pemandu sorak, serta kompetisi genderang kuno (Seng Klong King).

Khao Yai Car Free Day 2023
22 September 2023
Khao Yai National Park

Organisasi publik dan swasta di Khao Yai dan Nakhon Ratchasima merayakan 'World Car Free Day' yang diadakan setiap tahun di kota-kota di seluruh dunia-di Khao Yai National Park. Acara ini GRATIS dan mengundang semua orang (termasuk Anda!) untuk mengikuti kegiatan termasuk berjalan kaki, bersepeda, dan berlari di taman yang terdaftar di UNESCO, pameran foto, pertunjukan musik, makan tanpa sampah, dan melihat bintang.

Narathiwat Ko Lae Boat & Long-boat Racing 2023
22-24 September 2023
Tha Prayasai Dam

Balapan Ko Lae Boat dan perahu panjang di Narathiwat yang sangat dinantikan. Acara ini diadakan bersamaan dengan 'Narathiwat’s Specialty Fair' yang diadakan setiap tahun. Selain berbagai kategori lomba perahu, terdapat pula pameran replika perahu Ko Lae serta karya seni dan kerajinan lainnya.

Narathiwat's Specialty Fair
16-25 September 2023
Tha Prayasai Dam

Narathiwat's Specialty Fair merayakan kerajinan tangan Krajood (Grey Sedge) dan seni serta kerajinan terkait yang unik di Narathiwat, serta buah-buahan dan produk pertanian 'Longkong' yang terkenal di provinsi tersebut. Ada pula Javan Dove Sound Competition pada 17-18 September 2023.

Nakhon Si Thammarat Tenth Lunar Month Festival 2023
25 September-14 October 2023
Princess Mother 84 Park (Thung Tha Lat)

Tahun ini menandai peringatan 100 tahun tradisi pemberian jasa 'Sat Duen Sip' di Nakhon Si Thammarat. Provinsi ini telah merencanakan upacara pemberian jasa selama 20 hari 20 malam dan berbagai kegiatan lainnya, termasuk 'Nakhon Si Thammarat Red Cross Fair 2023', kontes sastra Thailand, pertarungan Nang Talung, kontes puisi, Manora muda, talk show Nang Talung, wayang kulit yang dibawakan oleh anak-anak muda, hingga konser musik.