Ini Lokasi Pertunjukan Suara dan Cahaya ‘Vijit Chao Phraya 2023’

blog image

TAT, Jakarta - Festival tahunan, Vijit Chao Phraya 2023, telah resmi dibuka. Festival yang terkenal dengan pertunjukkan cahaya-dan-suara, pesta kembang api, dan penampilan budaya ini akan berlangsung hingga 31 Desember 2023, di lima lokasi di sekitar Chao Phraya River -- puncaknya di acara Amazing Thailand Count down 2024.

Menteri Olahraga dan Pariwisata Thailand, Ms. Sudawan Wangsuphakijkosol, mengatakan, "Vijit Chao Phraya 2023 merupakan elemen penting pada Thailand Winter Festival. Terdiri dari lima acara besar, tontonan akhir tahun ini merupakan undangan pemerintah Thailand kepada wisatawan dari seluruh dunia, untuk datang dan merasakan kemeriahan Bangkok sekaligus merayakan Tahun Baru 2024 di Thailand."

Untuk menandakan dimulainya Vijit Chao Phraya 2023, Ms. Sudawan memimpin tur VIP dan pers yang diselenggarakan Tourism Authority of Thailand (TAT) bersama dengan anggota Dewan dan eksekutif TAT. Menggunakan kapal pesiar untuk melihat pertunjukkan cahaya dan warna di lima lokasi utama, yaitu Rama VIII Bridge, Wat Arun, Wichai Prasit Fort, Memorial Bridge, dan River City Bangkok termasuk ICONSIAM.

Hingga 31 Desember 2023, pengunjung dapat menikmati pertunjukan cahaya setiap malam di lima lokasi atau di berbagai tempat di seberang sungai. Pengunjung juga dapat menyewa kapal pesiar untuk melihat pertunjukan. Acara berlangsung mulai pukul 18.00-22.00. dengan aktivitas unik untuk setiap lokasi.

Berikut jadwal acara di masing-masing lokasi:

 

Rama VIII Bridge

Enam putaran pertunjukan laser 3D berdurasi lima menit dengan cahaya dan suara setiap malam. Selain itu, di Santichaiprakarn Park, terdapat pertunjukan budaya berdurasi tujuh menit bertajuk 'Miracle of Thailand' dengan pertunjukan kembang api yang dijadwalkan selama empat putaran setiap malam pada 1-2, 7-9, 15-16, 22-23, dan 29-30 Desember 2023.

Wat Arun
Enam putaran pertunjukan atau pemetaan cahaya selama lima menit setiap malam. Pertunjukan cahaya dan suara selama tujuh menit serta pertunjukan budaya bertajuk 'Menceritakan Kembali Legenda Raksasa di Wat Chaeng Thepsathit di kedua sisi Chao Phraya River' dijadwalkan tiga putaran setiap malam pada 1-2, 7-9, 15 -16, 22-23, dan 29-30 Desember.

Wichai Prasit Fort
Enam putaran pertunjukan atau pemetaan cahaya selama lima menit setiap malam. Dan, pada 1-2, 7-9, 15-16, 22-23, dan 29-30 Desember 2023, jadwalnya mencakup tiga putaran pertunjukan pemetaan proyeksi berdurasi lima menit dan tirai air dengan cahaya dan suara.

Memorial Bridge (Phra Phuttha Yodfa Bridge)
Enam putaran pertunjukan iluminasi selama lima menit dengan cahaya dan suara setiap malam. Pertunjukan kembang api selama tiga menit dijadwalkan satu kali setiap malam pada tanggal 1-2, 7-9, 15-16, 22-23, dan 29-30 Desember 2023.

River City Bangkok
Enam putaran pertunjukan pemetaan proyeksi berdurasi lima menit dengan cahaya dan suara setiap malam.

Di sepanjang kedua sisi Chao Phraya River, membentang dari Rama III Bridge hingga Rama VIII Bridge, landmark lainnya termasuk ICONSIAM, Asiatique the Riverfront Destination, Lhong 1919, Royal Thai Navy Headquarters, dan Bank of Thailand Museum juga turut serta dalam pertunjukan lampu tersebut.

Ms. Thapanee Kiatphaibool, Gubernur TAT, mengatakan "TAT memanfaatkan soft power Thailand untuk menggambarkan kekayaan sejarah dan warisan budaya Thailand dalam serangkaian pertunjukan cahaya multimedia yang mewah. Acara Vijit Chao Phraya bertujuan untuk menampilkan suasana dinamis dan warna-warni Chao Phraya River, sekaligus membantu meningkatkan peluang bisnis untuk wisata perahu, kapal pesiar makan malam, hotel, dan restoran tepi sungai selama masa-masa menarik tahun ini."