Ini Daftar Acara dan Festival Seru di Thailand Bulan Oktober

blog image

TAT, Jakarta - Oktober adalah salah satu bulan tersibuk dalam kalender acara Thailand dengan berbagai festival dan perayaannya, termasuk Ok Phansa, Festival Vegetarian, dan Sat Day. Bulan ini juga merupakan edisi keempat Thai MotoGP. Berikut ini daftar acara dan festival seru di Thailand yang masih berlangsung di bulan Oktober:

Ok Phansa

Festival Ok Phansa menandai berakhirnya masa Vassa Buddha. Setiap provinsi merayakannya dengan gaya yang khas, tergantung pada lokasi dan tradisinya.


  • Prosesi Kapal Bercahaya, 20-30 Oktober 2023, di atas Sungai Mekong, Distrik Mueang, Nakhon Phanom. Kapal-kapal yang indah dihias mengapung di sepanjang Mekong River untuk memberikan penghormatan kepada Sang Buddha dan memberikan persembahan kepada ular Naga yang menurut mitos hidup di sungai tersebut.
  • Festival Rap Bua, 22-30 Oktober 2023 di Balai Kota Bang Phli dan Wat Bang Phli Yai Nai, Samut Prakan. Prosesi perahu dari replika gambar Buddha Luangpho To sepanjang Khlong Samrong dan kegiatan Rap Bua (menerima teratai) dari masyarakat setempat di Distrik Bang Phli.
  • Festival Patung Lilin dan Balap Perahu Panjang, 23-29 Oktober 2023, di Taman Chaloem Phrakiat ke-80, dan Wat Phrathat Choeng Chum, Sakon Nakhon. Prosesi patung lilin yang diukir dengan detail menggambarkan pemandangan surga menuju Wat Phrathat Choeng Chum, dan perlombaan perahu tradisional di Waduk Nong Han.
  • Festival Bola Api Naga, 29 Oktober 2023, di tempat patung Naga di sekitar Sungai Mekong di Distrik Mueang, Lan Naga Boek Fa di Distrik Phon Phisai, Lan Boeng Wiang di Distrik Si Chiang Mai, dan Distrik Rattanawapi, Nong Khai. Ada banyak bola api yang setiap tahunnya meletus ke langit dan terlihat jelas dari Mekong River.
  • Festival Ok Phansa, 30 Oktober 2023, di Taman Somdet Phra Srinagarindra, Roi Et. Terkenal dengan kompetisi Chanting Sorapanya (Homage to the Buddha), upacara membuat 'Khao Thip' (bubur nasi dengan madu), dan dekorasi lentera.
  • Festival Chak Phra, Penawaran Jubah, dan Balap Perahu Panjang, 26 Oktober-3 November 2023, dekat Sungai Tapi di Jalan Na Mueang dan Jalan Ban Don, Surat Thani. Rakit yang dihiasi dengan indah ikut serta dalam pengangkutan patung Buddha terkemuka Surat Thani di Tapi Rivet dan di darat. Ada juga perlombaan perahu panjang.
  • Festival Chak Phra, 29 Oktober 2023, di Pusat Pemuda Munisipal Yala. Patung Buddha yang dihormati dibawa dalam rakit yang dihiasi dengan indah di sekitar kota.
  • Festival Tak Bat Devo, 29-30 Oktober 2023, di Wat Sangkat Rattana Khiri, Uthai Thani. Upacara Tak Bat Devo terbesar di Thailand, di mana akan ada persembahan ke 500 biksu Buddha yang menuruni 449 anak tangga dari candi kuil.
  • Festival Tak Bat Devo, 30 Oktober 2023, di Wat Phra Bat Phu Pan Kham, Khon Kaen. Persembahan ke 299 biksu Buddha yang menuruni 1.049 anak tangga dari candi kuil.
  • Festival Tak Bat Devo, 30 Oktober 2023, di Wat Khao Phra Ngam, Lop Buri.

 

Sat Day

Sat Day, atau lebih dikenal sebagai tradisi Bun Duean Sip atau Sat Duean Sip, adalah salah satu perayaan penting dalam kalender lunar Thailand. Biasanya dirayakan pada malam ke-15 bulan sabit pada bulan ke-10 dalam kalender bulan Thai, acara ini umumnya jatuh pada bulan September atau Oktober.

Tradisi ini berakar dari kepercayaan takhayul lokal bahwa leluhur, terutama mereka yang belum reinkarnasi, sementara waktu akan dilepaskan dari 'alam baka'. Ini menjelaskan mengapa sering diadakan parade boneka 'hantu lapar'. Sat Day adalah waktu di mana kerabat hidup dapat memberikan persembahan kepada leluhur dalam bentuk makanan ke biksu.

  • Festival Sat Thai Kluai Khai Mueang Kamphaeng, 5 hingga 15 Oktober 2023, diadakan di Balai Kota dan Taman Sejarah Kamphaeng Phet. Selain memperingati Sat Day, juga merayakan panen buah terkenal Kamphaeng Phet, yaitu 'Kluai Khai' (pisang Lady Finger). Kamphaeng Phet Historical Park juga akan diterangi dengan indah di malam hari.
  • Di tanggal 8 hingga 17 Oktober 2023, di Sanam Na Mueang dan Taman Putri Ibu 84 (Thung Tha Lat), Nakhon Si Thammarat, akan diadakan acara Sat Duean Sip dan Pameran Palang Merah. Tahun ini adalah peringatan ulang tahun ke-100 dari tradisi Bun Duean Sip di Nakhon Si Thammarat.
  • Kapong Sat Duean Sip 'Hae Krajad', yang berlangsung dari tanggal 11 hingga 14 Oktober 2023, di Distrik Kapong, Phang-nga, terkenal dengan prosesi unik 'krajad'. Prosesi ini melibatkan keranjang berisi persembahan untuk para biksu di kuil-kuil terdekat, sebagai bentuk jasa baik yang didedikasikan untuk leluhur.

Festival Vegetarian

Festival Vegetarian, juga dikenal sebagai Festival Sembilan Kaisar Dewa, adalah salah satu acara paling unik dan bersemangat di Thailand. Berakar dalam budaya Tionghoa, dipercaya bahwa menahan diri dari daging dan bahan pemicu akan membawa kesehatan dan kedamaian bagi individu dan komunitas. Sebagai hasilnya, banyak orang Thailand, terutama yang memiliki keturunan Tionghoa, membatasi diri hanya pada diet vegetarian selama sembilan hari sembilan malam sebagai bentuk penyucian tubuh, pikiran, dan jiwa.

Phuket menjadi destinasi paling populer di Thailand yang merayakan Festival Vegetarian dengan ritual-ritual mengesankan. Para penganut akan berada dalam keadaan seperti melayang saat melakukan pertunjukan pengorbanan diri yang menakjubkan, seperti menusuk tubuh, berjalan di atas bara panas, dan mendaki tangga tajam untuk menunjukkan kesetiaan mereka kepada para dewa dan leluhur. Tradisi Vegetarian Phuket dikatakan dimulai pada tahun 1825.

Para wisatawan dapat ikut serta dalam perayaan dengan mengikuti ritual ibadah, mematuhi pola makan vegan, menghormati kaisar dewa, prosesi gambar dewa dan para penganut, ritual berjalan di atas bara api, serta menyeberangi jembatan penyucian di lokasi-lokasi terkemuka ini. Beberapa lokasi bahkan menawarkan hidangan vegetarian secara gratis selama sembilan hingga sepuluh hari.

Jadwal acara Festival Vegetarian yang masih berlangsung:

  • Chon Buri, 13-24 Oktober 2023, di Na Jasa Tai Chue Shrine.
  • Hat Yai, 14-23 Oktober 2023, di Supasarn Rangsan Park, Songkhla.
  • Prachin Buri, 14-23 Oktober 2023, di Bampen Thammasathan Foundation.
  • Phang-nga, 14-23 Oktober 2023, di tujuh kuil di sekitar provinsi.
  • Phak Hai, 15-23 Oktober 2023, di Tai Hong Kong Shrine, Distrik Phak Hai, Ayutthaya.
  • Maha Sarakham, 15-23 Oktober 2023, di Khun Wiro Kusolsongkroh Foundation (Eng Tek Tung), Distrik Kantharawichai.
  • Korat ("jia-chai"), 15-23 Oktober 2023, di Thai Chinese Vegan Club dan kuil-kuil dekat Monumen Thao Suranari (Ya Mo), Nakhon Ratchasima.
  • Udon Thani, 15-23 Oktober 2023, di Grand Father-Grand Mother Shrine, Thai Chinese Cultural Centre.
  • Phuket, 15-23 Oktober 2023, di 31 kuil di sekitar provinsi.
  • Trang, 15-23 Oktober 2023, di kuil-kuil di sekitar Distrik Mueang.
  • Ranong, 15-24 Oktober 2023, di kuil-kuil di sekitar provinsi.
  • Chumphon, 15-24 Oktober 2023, di Aula Buddha Pu Ming Tai Si.

Acara dan Festival Lainnya

'Tradisi Um Phra Dam Nam' dan Festival Makanan 2023 di Phetchabun, 10-19 Oktober 2023, di Wat Trai Phum dan Wat Bot Chanaman

Diterjemahkan dari bahasa Thai, Um Phra Dam Nam secara harfiah berarti 'menyelam sambil memegang gambar Buddha'. Legenda mengatakan bahwa penduduk desa lokal menemukan gambar Buddha mengapung di sungai dan membawanya ke kuil, tetapi gambar itu tiba-tiba menghilang sebelum ditemukan kembali di tempat aslinya di sungai.

Oleh karena itu, gambar Buddha dibawa kembali ke sungai setiap tahun, sehingga penduduk desa dapat menyelam ke sungai sambil memegangnya dengan harapan menerima berkat 'kelimpahan dan keseimbangan alam.'

Gelaran Grand Prix Thailand 2023, 27-29 Oktober 2023, di Sirkuit Internasional Chang, Buri Ram

Tahun ini adalah kali keempat ajang MotoGP di Provinsi Buri Ram, di bagian timur laut Thailand, serta merupakan balapan ke-17 dari total 20 balapan dalam kalender musim ini. Saat ini, Francesco Bagnaia dari Ducati memimpin klasemen kejuaraan dunia MotoGP 2023 dengan 194 poin, diikuti oleh Jorge Martin dari Ducati-Pramac dengan 159 poin, dan Marco Bezzecchi dari Ducati-VR46 dengan 158 poin.

Tiket untuk acara ini dapat dibeli di toko 7-Eleven atau di allticket.com. Para penggemar dapat memilih dari berbagai opsi tempat duduk, termasuk Grand Stand, Marquez Stand, Quartararo Stand, Chantra Stand, dan Side Stand.