Hok Peng Festival 2023 Hadir Selama Sepekan di Kota Nan

blog image

TAT, Jakarta - Pada tahun ini, 'Hok Peng Festival' akan dijadwalkan berlangsung di Wat Phra That Chae Haeng, distrik Phu Phiang, provinsi Nan mulai 28 Februari sampai 6 Maret 2023.

Wat Phra That Chae Haeng dianggap sebagai kuil paling suci di provinsi Nan dan pusat kepercayaan setempat. Acara ibadah diadakan setiap tahun pada 'Hok Peng' (bulan purnama dari bulan lunar keenam Thailand Utara), tahun ini jatuh pada 6 Maret.

Dibangun pada Era Chao Phraya Kan Mueang (penguasa Nan dari 1323-1395), Chedi Phra That Chae Haeng berbentuk lonceng mengabadikan relik rambut Sang Buddha dan pergelangan tangan kiri. Tahun ini menandai 670 tahun Phra That, yang juga merupakan Phra That dari Tahun Kelinci (Phra That of the Year of the Rabbit).

Selama festival berlangsung, pengunjung diundang untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan Buddhis, termasuk upacara pemujaan, ritual dan pemberkatan, serta penghormatan kepada para biksu.

Festival ini juga menghadirkan pasar bergaya kuno dan jalanan yang dipenuhi berbagai kios penjual makanan lokal hingga kerajinan tangan, yang menyoroti tradisi khas Nan termasuk pertunjukan rakyat, prosesi budaya, kompetisi, pertunjukan drum tradisional, dan dekorasi lentera.

Untuk memperingati Phra That of the Year of the Rabbit ini, serangkaian upacara Buddhis dan kegiatan wisata masyarakat diselenggarakan sepanjang tahun.

Pengunjung diundang untuk bergabung dengan salah satu atau semua dari 3 rute wisata yang dibuat khusus untuk memberi penghormatan kepada benda-benda suci Buddha Nan, yaitu: 4 biksu Buddha yang dihormati, 5 dewa, dan 9 Phra That. Mereka juga dapat memilih untuk mengikuti kegiatan penghormatan kepada 9 benda suci di dalam Wat Phra That Chae Haeng.

Kegiatan bersepeda di kota Nan juga dapat diikuti oleh para pengunjung untuk menikmati berbagai atraksi dengan sepeda dan menjadi bagian dari pariwisata yang ramah lingkungan. Selain itu, terdapat lokakarya tentang budaya lokal, termasuk pembuatan kain lokal, makanan, kerajinan tangan, tenun, dan Muay Thai.

Bagi pengunjung yang lahir di Tahun Kelinci, lebih dari 100 tempat di Nan, termasuk akomodasi, restoran, kafe, toko perak, dan toko kain lokal menawarkan diskon hingga 50 persen.