Chiang Rai dan Suphan Buri Masuk ke Daftar Kota Kreatif UNESCO

blog image

TAT, Jakarta - Chiang Rai dan Suphan Buri baru saja ditambahkan ke dalam daftar UNESCO Creative Cities Network (UCCN), sebuah penghargaan bagi kota-kota dengan komitmen kuat untuk memanfaatkan budaya dan kreativitas sebagai strategi utama pembangunan perkotaan, bersama dengan 53 kota baru lainnya yang ditetapkan secara global.

Chiang Rai diajukan sebagai Kota Kreatif Desain dan Suphan Buri sebagai Kota Kreatif Musik, oleh the Designated Areas for Sustainable Tourism Administration (DASTA).

Sebab, Chiang Rai telah menjadi rumah bagi seniman nasional dan lokal di bidang arsitektur dan desain Lanna. Sementara Suphan Buri dikenal karena aspek budaya musiknya yang dipadukan dengan musik tradisional dan dialek lokal yang unik, menjadikan wilayah ini sebagai rumah bagi banyak seniman dan maestro musik nasional. Dengan keunggulan tersebut, DASTA telah merancang peta jalan lima tahun untuk Chiang Rai dan Suphan Buri untuk mendorong pembangunan kota berkelanjutan dan partisipasi masyarakat lokal.

Ini menambah jumlah kota di Thailand yang masuk ke dalam daftar Kota Kreatif UNESCO, kini berjumlah lima, bersama dengan Phuket (Kota Gastronomi Kreatif, 2015), Chiang Mai (Kota Kreatif Kerajinan dan Seni Rakyat, 2017), Bangkok (Kota Desain Kreatif, 2019), Sukhothai (Kota Kreatif Kerajinan dan Seni Rakyat, 2019), dan Phetchaburi (Kota Gastronomi Kreatif, 2021). Total di seluruh dunia saat ini, terdapat 350 kota dalam daftar Kota Kreatif UNESCO.