Chiang Khan: Destinasi ASEAN Pertama Raih 'Green Destination Award'

blog image

TAT, Jakarta - Chiang Khan di Provinsi Loei, Thailand Timur Laut, baru saja terpilih menjadi pemenang 'Green Destination Award', yang diumumkan pada acara ITB Berlin 2024. Ini menjadikan Chiang Khan sebagai destinasi ASEAN pertama yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Sejak 2019, Chiang Khan telah mempersiapkan diri sebagai destinasi pariwisata berkelanjutan dengan melibatkan dukungan dan kerja sama lebih dari 30 pihak di sektor publik, swasta, dan komunitas lokal.

"Sehingga terpilihnya Chiang Khan sebagai destinasi hijau merupakan penghargaan untuk banyak pihak yang telah berdedikasi dalam menyelesaikan proses sertifikasi yang ketat hingga berhasil mendapatkan pengakuan bergengsi ini," ungkap Gp. Capt. Athikun Kongmee, Director-General of the Designated Areas for Sustainable Tourism Administration (DASTA).

Berdasarkan Global Sustainable Tourism Criteria (GSTC), terdapat 84 kriteria suatu wilayah masuk ke dalam kategori destinasi ramah lingkungan. Pada tahap penilaian awal, Chiang Khan berhasil menyelesaikan 30 persyaratan minimum dan telah masuk dalam daftar 'Green Destinations TOP 100 Stories' pada 2020. Kemudian tahun ini, Chiang Khan berhasil menyelesaikan seluruh persyaratan dalam proses sertifikasi, sehingga mendapatkan penghargaan 'Green Destination Award' dengan masa berlaku 2 tahun.