16 Festival Budaya Thailand Goes Internasional

blog image

TAT, Jakarta - Setiap bulannya Thailand menyelenggarakan berbagai festival budaya yang dapat dinikmati oleh penduduk lokal maupun wisatawan internasional. Berbagai festival tersebut telah menarik banyak wisatawan untuk berkunjung dan menambah pendapatan bagi penduduk lokal.

Oleh karenanya, Kementerian Kebudayaan (Ministry of Culture) Thailand semakin gencar dan terus berupaya untuk mempromosikan pariwisata Thailand. Diantaranya dengan memilih 16 festival budaya Thailand untuk dapat dipromosikan lebih luas ke panggung internasional.

Hal ini sejalan dengan arah pengembangan sektor pariwisata Thailand menuju pariwisata yang berkelanjutan dan bertanggung jawab. Juga skema promosi pariwisata yang fokus pada lima kekuatan (5F soft power), yaitu: makanan (food), film, festival, beladiri (fight), dan fashion.

Keenam belas festival Thailand yang dipromosikan ke dunia, yaitu:

Chao Mae Lim Ko Niao Festival, Pattani

Festival balik ke kampung halaman yang penuh warna untuk keturunan Tionghoa di provinsi Pattani. Tahun ini, acara berlangsung pada 2-8 Februari.

Ban Chiang World Heritage Festival, Udon Thani

Perayaan sejarah kawasan Ban Chiang yang terdaftar sebagai World Heritage Site, yang dianggap sebagai pemukiman prasejarah paling penting di Asia Tenggara. Tahun ini, acara berlangsung pada 10-12 Februari.

Hok Peng Festival to Worship Phra That Chao Phu Phiang Chae Haeng, Nan

Ritual pemujaan di Wat Phra That Chae Haeng, Phra Aram Luang, di distrik Phu Phiang. Tahun ini, acara berlangsung dari 28 Februari hingga 6 Maret.

Hae Malai Khao Tok Festival, Yasothon

Sebuah perayaan budaya di mana ribuan karangan bunga buatan tangan ditampilkan di atas kendaraan hias. Tahun ini, acara berlangsung dari tanggal 1-5 Maret di lapangan acara di depan Mahachanachai District Office.

Hae Phra Khuen That Festival, Nakhon Si Thammarat

Perayaan ini terlihat dari pembungkusan kain kuning suci yang panjang di sekitar dasar stupa di Phra Mahathat Woramahawihan. Wat Phra Mahathat. Tahun ini, acara berlangsung dari 2-6 Maret.

Korat Street Art, Nakhon Ratchasima

Pameran yang penuh warna untuk merayakan karya kreatif seniman daerah.

Sdok Kok Thom Festival, Sa Kaeo

Festival ini menyoroti kastil bersejarah Sdok Kok Thom Khmer yang terkenal.

Kram & Craft Sakon Festival, Sakhon Nakhon

Festival untuk merayakan kreativitas budaya masyarakat setempat, yang melibatkan penggunaan tumbuhan alami untuk mewarnai kain.

Phuket Food (Creative City of Gastronomy) Festival, Phuket

Festival yang cocok bagi para pecinta makanan karena akan ada banyak makanan lokal maupun internasional untuk dinikmati.

Bun Ban Klang Festival, Chon Buri

Pada festival ini, Anda akan menemukan penduduk setempat meletakkan makanan di atas daun pisang yang dipotong kotak untuk menangkal nasib buruk. Acara ini berlangsung dari Maret-Juni 2023.

Vesak Day Festival, Mae Hong Son

Dikenal sebagai Nataya Heng-sattha Gingala Nom Bucha Visakhaburamee, ini merupakan upacara khusus yang diadakan pada Hari Waisak, hari suci bagi umat Buddha dan beberapa umat Hindu.

Tak Baht Dok Mai Khao Phansa (Festival of Floral Offerings), Saraburi

Upacara tradisional yang ditandai dengan pemberian bunga Khao-Phansa putih kepada biksu, juga dikenal sebagai Dok Hong Hern (bunga angsa terbang), diadakan setiap tahun pada Khao Phansa atau Buddhist Lent Day.

Phaya Sri Satta Nakarata Worship Ceremony, Nakhon Phanom

Sebuah upacara keagamaan untuk Naga yang diyakini tinggal di Mekong River di halaman serbaguna Phaya Si Sattanakarat, diabadikan di tepi Mekong River. Acara ini berlangsung pada Juli 2023.

Hom Heet Toi Hoy Roi Jai Tai Lue (Tai Lue Local Festival), Phayao

Acara ini menghormati komunitas etnis Tai Lue dan tradisi khasnya. Berlangsung di Wat Phrathat Sob Waen: Temple of the Tai Lue Culture, Chiang Kham Town, Yuan, Chiang Kham District, Phayao. Acara berlangsung dari tanggal 15-16 Juli 2023.

Phetchaburi City of Gastronomy Festival, Phetchaburi

Acara lainnya untuk pecinta makanan, di mana mereka dapat menikmati masakan lokal yang lezat.

Khom San Duang Festival, Lamphun

Merupakan festival seratus ribu lentera. Ini adalah perayaan indah karena Anda dapat melihat banyak lentera dilepaskan ke langit selama Loi Krathong Festival di Wat Phra That Haripunchai Woramahawihan.