'TAT Newsroom Blogger Thailand' Kembali Hadir di Tahun Kelima

blog image

TAT, Jakarta - Tourism Authority of Thailand (TAT) dengan bangga mengumumkan bahwa 'TAT Newsroom Blogger Thailand' kembali diadakan untuk tahun kelima. Pada tahun 2020, acara akan lebih berfokus pada influencer media sosial, sehingga para peserta tidak diwajibkan untuk memiliki blog pribadi, melainkan harus memiliki satu akun media sosial (Facebook, Twitter, YouTube, dan Instagram) dengan ketentuan sejumlah followers.

Hal yang berbeda lainnya adalah tidak diadakannya kembali kompetisi online. Para peserta, yang merupakan influencer media sosial, akan dipantau dan didekati berdasarkan peraturan baru yang telah ditetapkan. Nantinya, akan ada perjalanan eksklusif untuk influencer media sosial dari luar Thailand dan dua perjalanan bagi yang tinggal di Thailand. Mereka yang terpilih diharapkan dapat mempromosikan pengalaman barunya selama berada di Thailand, sejalan dengan konsep yang dicanangkan, yakni "Terbuka untuk Nuansa Baru"

Proses Pemilihan Influencer Sosial dari Luar Thailand

Enam kandidat influencer media sosial dari luar Thailand akan ditawari satu tiket pulang-pergi internasional, dan petualangan selama enam hari lima malam untuk menjelajahi Bangkok, Satun, Songkhla pada minggu terakhir Maret hingga minggu pertama April 2020.

Berikut proses seleksi yang akan dilaksanakan:

Langkah 1: Tim Ruang Berita TAT memilih 30 influencer media sosial di luar Thailand dari basis data perjalanan, makanan, dan influencer gaya hidup yang sudah ada. Dengan rincian, 10 influencer dari Asia-Pasifik, 10 influencer dari Amerika, Eropa dan Oseania, serta 10 influencer dari daftar pemenang masa lalu dalam empat tahun terakhir.

Langkah 2: Tim Ruang Berita TAT menyerahkan daftar influencer media sosial yang dipilih untuk dipertimbangkan oleh panel juri, yaitu Richard Barrow (blogger perjalanan terkemuka Thailand dengan jumlah pengikut di Twitter sebanyak 143k, @RichardBarrow) dan Tom Racette (seorang penulis, editor, dan Tim Divisi PR Internasional TAT). Kedua juri ditugaskan untuk memilih enam kandidat dan empat runner-up.

Langkah 3: Tim Ruang Berita TAT menyampaikan undangan kepada influencer media sosial terpilih untuk bergabung dalam perjalanan. Jika kandidat terpilih tidak dapat bergabung, tim akan terlebih dahulu mengirim undangan ke runner-up, diikuti oleh pemenang kompetisi dari empat tahun terakhir.

Syarat dan ketentuan yang berlaku:

-   Memiliki akun media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, YouTube) dengan konten kreatif dan konstruktif tentang Thailand (memiliki blog adalah suatu keuntungan)

-   Akun blog atau media sosial harus diperbarui secara teratur dengan tanggal posting terakhir tidak lebih dari empat bulan sebelumnya.

-   Harus memiliki setidaknya 20.000 pengikut di akun media sosial serta aktif berbagi komentar, like, dan postingan.

-   Dapat bepergian sendiri, karena undangan hanya untuk satu orang.

Penentuan peringkat:

-   Tim Ruang Berita TAT akan menilai semua influencer media sosial berdasarkan dua kriteria utama senilai 25 poin. Kualifikasi peserta bernilai hingga 10 poin. Konten yang kreatif dan konstruktif tentang Thailand bernilai hingga 15 poin.

-   Tim PR Internasional TAT dan juri akan menilai semua influencer media sosial berdasarkan tiga kriteria utama, bernilai total 75 poin, meliputi: apakah akun blog/akun media sosial memiliki konten konstruktif tentang Thailand bernilai hingga 25 poin; apakah blog/akun media sosial memiliki konten yang mempromosikan pariwisata Thailand bernilai hingga 25 poin; terakhir, jika blog/akun sosial memiliki posting yang mempromosikan citra baik Thailand bernilai hingga 25 poin.

Proses Pemilihan Influencer Sosial dari Thailand

Perjalanan pertama: Lima kandidat akan ditawari satu tiket pulang-pergi domestik, dan perjalanan eksklusif empat hari tiga malam untuk menjelajahi Phrae dan Nan di Thailand Utara pada minggu terakhir bulan Januari 2020 hingga minggu pertama Februari 2020.

Perjalanan kedua: Kelima kandidat akan ditawari satu tiket pulang-pergi domestik dan perjalanan eksklusif empat hari tiga malam untuk menjelajahi Phatthalung dan Songkhla di Thailand Selatan, dengan tanggal perjalanan yang dijadwalkan untuk sementara, antara minggu terakhir Juni 2020 hingga minggu pertama Juli 2020.

Berikut ini proses seleksi yang akan dilaksanakan:

Langkah 1: Tim Ruang Berita TAT memilih tiga kelompok influencer media sosial dari Thailand berdasarkan basis data perjalanan, makanan, dan pengaruh sosial yang ada. Dua kelompok pertama (masing-masing lima sampai enam orang), termasuk influencer sosial baru atau yang sedang muncul, dan kelompok terakhir yang terdiri dari pemenang dalam dua tahun terakhir.

Pemilihan didasarkan pada aturan dan peraturan berikut:

-   Memiliki blog atau akun media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, YouTube) yang juga memiliki konten kreatif dan konstruktif tentang Thailand.

-   Akun blog atau media sosial diperbarui secara teratur dengan tanggal posting terakhir tidak lebih dari empat bulan.

-   Harus memiliki setidaknya 5.000 pengikut untuk akun media sosial serta aktif berbagi komentar, like, dan postingan.

Dapat bepergian sendiri, karena undangan hanya untuk satu orang.

Langkah 2: Tim Ruang Berita TAT menyerahkan daftar influencer media sosial yang dipilih untuk dipertimbangkan oleh Tim Divisi PR Internasional TAT.

Langkah 3: Tim Ruang Berita TAT membagikan undangan ke influencer media sosial terpilih untuk melakukan perjalanan bersama. Apabila kandidat yang terpilih tidak dapat mengikuti perjalanan pertama, tim akan merekomendasikan peserta untuk mengikuti perjalanan kedua.

Jika Anda memenuhi persyaratan salah satu kategori, dan tertarik untuk mengikuti acara ini, silahkan kirim profil Anda ke mailtous@tatnews.org dari 1 hingga 31 Januari 2020 mendatang.