Samut Songkhram, Provinsi Terkecil di Thailand yang Penuh Daya Tarik

TAT, Jakarta – Samut Songkram, provinsi yang terselip di sepetak garis pantai yang indah di Teluk Thailand, barat daya Bangkok, memiliki banyak daya tarik untuk Anda telusuri.

Untuk mencapai Samut Songkhram, Anda dapat naik taksi, minivan, atau bus dari Bangkok dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Bus biasanya berangkat dari Terminal Bus Mo Chit di Bangkok Utara atau Terminal Bus Sai Tai Mai di Bangkok Selatan. Alternatif lainnya adalah naik kereta api dari Thon Buri Railway Station, berganti sekali di Mahachai dan naik kereta lain langsung ke Mae Klong Railway Market di Samut Songkhram.

Destinasi menarik yang dapat Anda nikmati selama di Samut Songkhran, yaitu:

1. Pasar terapung

Pasar terapung 300x169 - Samut Songkhram, Provinsi Terkecil di Thailand yang Penuh Daya Tarik

Samut Songkhram diberkati dengan beberapa pasar terapung popular, seperti Amphawa Floating Market. Jika ingin berkunjung ke sini, sebaiknya datang di pertengahan minggu sebelum akhir pekan yang ramai. Anda juga dapat mengikuti tur perahu secara pribadi (500 Baht) atau bersama kelompok (50 Baht per orang, maksimal 10 orang per perahu). Tur biasanya berlangsung sekitar 1 jam dan akan membawa Anda menyusuri Pasar dan ke beberapa kuil di sungai.

Pasar terapung terkenal lainnya di destinasi ini termasuk Bang Noi Floating Market, Tha Kha Floating Market, Bang Nok Khwaek Floating Market, dan Don Manora Floating Market.

2. Don Hoi Lot

Don Hoi Lot - Samut Songkhram, Provinsi Terkecil di Thailand yang Penuh Daya Tarik

Don Hoi Lot terletak di atas gundukan pasir di muara Mae Klong River yang terbentuk dari sedimentasi tanah berpasir (disebut pasir Khi oleh penduduk setempat). Ada banyak jenis kerang yang bisa Anda temukan di sini, terutama jenis kerang silet, sehingga cocok untuk Anda yang menyukai makanan laut segar karena banyak restoran makanan laut di sepanjang jalan.

3. Wat Bang Kung

Wat Bang Kung 300x169 - Samut Songkhram, Provinsi Terkecil di Thailand yang Penuh Daya Tarik

Wat Bang Kung, yang berasal dari periode Ayutthaya, masih memiliki keindahan kuno yang menarik pengunjung. Selama 200 tahun, candi itu terlupakan dan hutan setempat ditutup. Pada tahun 1967 tempat ini dipugar, tetapi seluruh bangunan tetap ditutupi dengan akar kuat dari pohon beringin yang tumbuh di atasnya. Di dalam pohon terdapat beberapa mural kuno dan gambar Buddha yang mengesankan. Di kuil, ada juga lusinan patung pejuang Muay Thai seukuran aslinya yang menggambarkan gerakan seni bela diri yang seperti tarian.

4. Chang-Eng Siamese Memorial

Chang Eng Siamese Memorial 300x169 - Samut Songkhram, Provinsi Terkecil di Thailand yang Penuh Daya Tarik

Salah satu atraksi yang tidak biasa di kawasan ini adalah Chang-Eng Siamese Memorial, patung kembar yang dibangun untuk mengenang si kembar siam yang membuat Thailand terkenal di seluruh dunia, Chang dan Eng yang lahir pada tahun 1811 dan meninggal saat usianya 63 tahun.