Proyek Sosial untuk Bantu Gajah Thailand Melewati Krisis di Tengah Pandemi

Proyek Sosial untuk Bantu Gajah Thailand Melewati Krisis di Tengah Pandemi 300x181 - Proyek Sosial untuk Bantu Gajah Thailand Melewati Krisis di Tengah Pandemi

TAT, Jakarta – Tourism Authority of Thailand meluncurkan proyek sosial “Help Community, Help Elephant, Help Nation” untuk membantu para gajah bertahan melewati krisis di tengah pandemi. Sejauh ini proyek tersebut telah menarik lebih dari 100 kamp dan membantu lebih dari 1.450 gajah milik pribadi.

Berbagai asosiasi, yayasan, dan kelompok serupa juga telah menyuarakan kasus gajah Thailand yang rentan selama pandemi melalui sosial media. Mereka juga turut memberikan informasi mengenai aktivitas apa saja yang dapat dilakukan bersama gajah kepada para wisatawan, seperti yang dilakukan di Anantara Golden Triangle Elephant Camp dan Resort’s Walking with Giants and Elephant Learning Experience.

Proyek Sosial untuk Bantu Gajah Thailand Melewati Krisis di Tengah Pandemi1 300x169 - Proyek Sosial untuk Bantu Gajah Thailand Melewati Krisis di Tengah Pandemi

Berikut ini organisasi yang terlibat aktif dalam membantu gajah di kamp atau yang dipelihara di seluruh Thailand:

  • Thai Elephant Alliance Association. Organisasi ini membuka donasi (dapat berupa uang atau makanan) yang hasilnya digunakan untuk membeli makanan dan obat-obatan. Donasi tersebut telah membantu lebih dari 1.460 gajah dan membiayai perjalanan tim dokter hewan yang memeriksa kesehatan gajah.
  • Chiang Mai’s Elephant Nature Park yang menawarkan tur virtual untuk melihat gajah melalui platform streaming LazLive. Inisiatif ini dilakukan untuk membantu kesejahteraan gajah, mendukung komunitas lokal, serta mendorong peningkatan penjualan kopi ENP lokal yang hasilnya akan digunakan untuk mendukung kegiatan Save Elephant Foundation.
  • Southern Thailand Elephant Foundation (STEF) telah mengirim truk bermuatan makanan untuk gajah ke seluruh wilayah Selatan. Upaya mereka telah berhasil mengumpulkan lebih dari 270.000 Baht yang akan digunakan untuk menyediakan bantuan vital ke gajah-gajah Thailand.
  • Thai Elephant Conservation Centre di Lampang, yang merupakan kamp gajah di bawah lembaga pemerintah, telah bekerjasama dengan lembaga pendidikan ilmu kedokteran hewan dan unit ambulans gajah keliling beserta tim dokter hewan dalam memberikan perawatan gratis untuk gajah yang sakit atau berada di lokasi terpencil di seluruh Thailand.
  • Rumah Sakit Gajah Lampang memberikan perawatan gratis untuk gajah yang sakit, termasuk gajah yang disita, tua dan ganas; serta gajah bayi yang ditinggalkan. RS ini juga turut aktif mengelola gajah di musth.