Tingginya Peminat Amazing Thailand Marathon Bangkok 2020 - Tingginya Peminat 'Amazing Thailand Marathon Bangkok 2020'

TAT, Jakarta – ‘Amazing Thailand Marathon Bangkok 2020’ akan dilaksanakan pada 2 Februari mendatang. Namun sejak pendaftaran dibuka, lebih dari 22 ribu peserta telah mendaftar hanya dalam waktu dua minggu. Hal ini menunjukkan tingginya peminat pada tahun ketiga pelaksanaan ‘Amazing Thailand Marathon Bangkok’ yang diadakan oleh Toyota.

 

Mengenal ‘Amazing Thailand Marathon Bangkok’

Ini merupakan acara balapan jalan raya terbesar dan terpopuler di Thailand, karena telah menarik lebih dari 30 ribu pelari dan lebih dari 75 ribu penonton sepanjang akhir pekan. Pada hari Minggu pertama setiap bulan Februari, ribuan pelari dari seluruh Asia akan melewati wilayah ikonik Bangkok, seperti Victory Monument, Wat Benchamabophit (Marble Temple), Ratchadamnoen Avenue (Thailand’s Champs-Elysees), Rama VIII Bridge, dan Golden Mountain Temple.

 

Tahun 2020 menandai peringatan ketiga ‘Amazing Thailand Marathon  Bangkok’. Yang unik adalah, pelari di garis akhir akan mendapatkan penawaran unik berupa makanan khas Thailand. Garis akhir terletak di dekat salah satu tujuan wisata paling populer di Bangkok, yakni Democracy Monument yang berlokasi di samping pasar malam Khao San Road.

 

‘Amazing Thailand Marathon Bangkok’ tahun 2020

Amazing Thailand Marathon Bangkok’ tahun 2020 - Tingginya Peminat 'Amazing Thailand Marathon Bangkok 2020'

Acara ini memiliki empat kategori, yaitu maraton penuh (42,195 kilometer), setengah maraton (21,10 kilometer), mini maraton (10 kilometer), dan lari 5 kilometer dengan total hadiah uang tunai 2.236.500 Baht.

 

Menteri Pariwisata dan Olahraga, H.E. Mr. Phiphat Ratchakitprakarn, mengatakan bahwa Kementerian Pariwisata dan Olahraga memiliki kebijakan yang jelas untuk mempromosikan pariwisata olahraga, terutama yang berpotensi menarik sejumlah besar peserta Thailand dan asing, seperti maraton, lari jejak, dan triathlon untuk membangun merek acara olahraga global Thailand.

 

Sejalan dengan arahan pemerintah, the Tourism Authority of Thailand (TAT) saat ini mengembangkan ‘Amazing Thailand Marathon’ sebagai seri tahunan, dimulai dengan lima provinsi percontohan termasuk Bangkok (Amazing Thailand Marathon), Buri Ram, Chon Buri, Phuket, dan Ratchaburi dengan target tahunan 100.000 peserta termasuk hingga 15.000 orang asing. TAT mengharapkan untuk mengumumkan lima proyek percontohan pada akhir Amazing Thailand Marathon Bangkok 2020.

 

Gubernur TAT pusat, Yuthasak Supasorn, mengatakan, “Tujuan dari Amazing Thailand Marathon Bangkok adalah untuk mengangkat Thailand sebagai tujuan wisata olahraga yang berkelanjutan. TAT akan meningkatkan popularitas olahraga lari untuk menarik wisatawan Thailand dan asing untuk berpartisipasi dalam acara tersebut. Kami menargetkan lebih dari 30.000 pelari, termasuk 5.000 orang asing, menghasilkan lebih dari 900 juta Baht. ”

 

TAT telah mempromosikan acara di acara maraton global seperti Osaka Marathon Jepang, Marathon Beijing Cina dan Marathon Singapura, untuk menyebutkan beberapa saja. Ini telah menerima minat positif dari pelari internasional, terutama Cina, Singapura, Malaysia dan Jepang, sehingga acara tahun ini tentu akan menarik lebih dari target 5.000 pelari asing.