Mae Hong Son 1 669x321 - Destinasi Wisata Pilihan di Thailand Utara

TAT, Jakarta – Thailand Utara menawarkan destinasi wisata sekunder yang kaya akan budaya, keanekaragaman etnis, kegiatan berbasis alam, dan perjalanan sejarah. Hal ini sejalan dengan kampanye ‘Amazing Thailand Go Local’ yang diluncurkan tahun 2018 oleh The Tourism Authority of Thailand (TAT). 

 

Kampanye tersebut memasangkan Chiang Mai sebagai destinasi wisata utama dengan tempat wisata sekunder yang berlokasi di Chiang Rai, Mae Hong Son, Sukhothai, Phitsanulok, Nakhon Sawan, Lamphun, Lampang, Phetchabun, Nan, Tak, Uttaradit, Phichit, Phrae, Kamphaeng Phet, Uthai Thani dan Phayao. Upaya ini bertujuan untuk mengembangkan ekonomi pariwisata dan aset budaya yang dipasarkan dengan cara ramah lingkungan serta berkelanjutan.

 

Apa saja empat provinsi sekunder yang ditambahkan ke kunjungan Chiang Mai?

 

1. Chiang Rai

Chiang Rai 300x198 - Destinasi Wisata Pilihan di Thailand Utara

Provinsi paling utara di Thailand yang dihiasi dengan pemandangan lanskap pegunungan, sungai, dan hutan. Keragaman etnis masyarakat dapat Anda lihat dalam arsitektur, seni, bahasa, musik, dan masakannya. Dua wisata yang bisa Anda kunjungi selama di sini adalah Doi Tung Royal Villa dan Chiang Saen.

 

Doi Tung Royal Villa merupakan rumah bagi Princess Mother Srinagarindra dan Mae Fah Luang Garden yang terletak di dataran tinggi pegunungan. Saat ini villa dijadikan museum untuk menghormati Princess Mother Srinagarindra yang telah mendedikasikan dirinya untuk meningkatkan mata pencaharian masyarakat setempat.

 

Yang kedua adalah Chiang Saen. Tempat wisata ini terletak di tepi Mekong River, merupakan sebuah kota utama Lanna Kingdom dan chedis kuno yang dikelilingi oleh patung Buddha, benteng tanah, dan pilar yang masih dapat dilihat sampai sekarang. Kota ini juga terkenal dengan pemandangan Segitiga Emas, tempat perbatasan antara Thailand, Laos, dan Myanmar.

 

2. Mae Hong Son

Mae Hong Son 300x199 - Destinasi Wisata Pilihan di Thailand Utara

Provinsi Mae Hong Son menawarkan keindahan alam indah, kegiatan di luar ruangan, serta budaya dari beragam etnis dan pesona pedesaan yang menawan. Rute tur Mae Hong Son Loop yang populer dapat dilakukan dengan menyewa mobil atau sepeda motor.

 

Perjalanan jauh akan dimulai dan berakhir di  Chiang Mai sejauh hingga sejauh 600 KM. Selama perjalanan, Anda akan mendatangi Mae Chaem yang terletak di gunung tertinggi Thailand Doi Inthanon, kota tepi sungai Mae Sariang, kota Pai dengan zaman baru yang dingin, pemandangan backpacker, serta kegiatan alam seperti arung jeram, tubing, trekking, dan bersepeda.

 

 

3. Lamphun

Lamphun 300x222 - Destinasi Wisata Pilihan di Thailand Utara

Lamphun adalah salah satu kota tertua di Thailand yang menawarkan perjalanan sejarah mengesankan. Kota Lamphun hanya berjarak 30 – 40 menit berkendara dari kota Chiang Mai. Terdapat tiga Taman Nasional di Lamphun, yakni Mae Takhrai, Mae Ping National Park, dan Doi Khun Tan National Park, yang merupakan rumah bagi terowongan kereta api terpanjang di Thailand.

 

Provinsi Lamphun adalah produsen utama lengkeng buah bulat kecil (Lamyai dalam bahasa Thailand) dan tiap bulan Agustus menggelar festival lengkeng tahunan.

 

 

 

4. Lampang

Lampang 300x195 - Destinasi Wisata Pilihan di Thailand Utara

It is a city of unique sites including what is probably one of Thailand’s oldest wooden structures, and what many consider Northern Thailand’s most impressive temple. It’s also one of very few cities in the kingdom where tourists can visit sites on horse carts.

 

Lampang adalah kota dengan berbagai situs unik, termasuk salah satu struktur kayu tertua yang oleh banyak orang dianggap sebagai kuil paling mengesankan di Thailand Utara. Wilayah ini merupakan sedikit kota di kerajaan di mana para wisatawan bisa mengunjungi situs dengan kereta kuda.

 

Lampang juga merupakan rumah bagi Thai Elephant Conservation Centre, yang bertujuan untuk melestarikan gajah Thailand dan mempromosikan ekowisata. Kegiatan yang bisa Anda lakukan selama di sini adalah merawat hewan berkulit tebal yang sakit dan terluka (disebut pachyderms), datang ke pameran, serta melihat gajah saat mandi dan makan di sungai.

 

5. Phrae

Phrae 300x223 - Destinasi Wisata Pilihan di Thailand Utara

Hingga sekarang, provinsi ini masih memiliki cadangan hutan jati terbesar di Thailand. Salah satu desa di Phrae, yakni Ban Thung Hong, terkenal dengan produk-produknya yang dibuat dari sebuah kain katun lokal berwarna indigo (Mo Ham). Sementara kain tradisional digunakan untuk membuat celana dan tunik petani sehingga desa ini juga menawarkan pakaian buatan tangan yang indah.

 

Daya tarik alam yang menarik di Phare adalah Phae Mueang Phi Forest Par, tempat erosi selama dua juta tahun lalu yang telah menciptakan formasi batuan batu merah unik.

 

 

 

6. Nan

Nan 300x222 - Destinasi Wisata Pilihan di Thailand Utara

Terletak 700 KM di utara Bangkok, sebagian besar wilayah Nan adalah hutan belantara, sisanya adalah pedesaan yang berfokus pada penanaman padi dan buah. Ada juga pemandangan budaya dan sejarah yang patut dikunjungi.

 

Bagi wisatawan asing dan lokal yang tertarik untuk menjelajahi lebih banyak tempat wisata di Thailand Utara, Anda dapat menggunakan layanan bus antar-provinsi, menyewa mobil tanpa pengemudi ataupun naik pesawat untuk mengunjungi destinasi wisata sekunder yang terhubung dengan Chiang Mai. Penerbangan dapat dilakukan di Chiang Mai International Airport  atau Mae Fah Luang Chiang Rai International Airport.